Armagedon

Kamis, 11 November 2010
Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kami panjatkan atas junjungan kita, Rasul yang terakhir Muhammad Saw., Nabi dan Rasul yang ummi, keluarganya, sahabatnya, dan mereka yang mengikuti agama yang benar.
Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang tanda-tanda kiamat kecil dengan judul Kiamat Hampir Tiba. Pada postingan kali ini saya akan kembali membahas tentang tanda-tanda kiamat yang lainnya yang saya beri judul Armagedon.
Armagedon adalah peristiwa besar dan perang yang menghancurkan. Perang strategi yang sebentar lagi akan terjadi, perang koalisi, perang bermotif agama dan politik, Dragon War, perang multi dimensi, perang paling dahsyat sepanjang sejarah manusia, awal dari yang terakhir, dan perang yang diawali dengan damai. Inilah perang Armagedon.
Kata "Armagedon", berasal dari bahas Ibrani (Hebrew) Harmagido. "Har" berarti gunung dan "magido" adalah sebuah lembah di Palestina, tempat peperangan yang akan terjadi. Panjang lembah ini dari Mogiddo bagian utara ke Eddon bagian selatan, kira-kira + 200 mil. dari laut tengah sebelah barat ke Tall Muhab di timur kira-kira 100 mil.
Lembah Mogiddo
Kalangan militer klasik menganggap medan perang ini sangat strategis, mempermudah panglima manapun dalam penguasaan medan secara keseluruhan.
Kata Armagedon telah dikenal di kalangan agamawan Yahudi dan agamawan Nasrani (ahli kitab).
Kita diperkenankan mengutuip beberapa pendapat ahli kitab, sebagaimana sabbda Rasulullah Saw., 
 "Sampaikanlah apa yang kalian ketahui dariku. Ceritakanlah apa yang kalian dapatkan dari Bani Israil." (Annubu'ah Wassiyasah). 
Hanya saja, kita harus tetap kritis dan cerdas dalam menaggapi setiap pemikiran mereka. Rasulullah Saw., bersabda,
"Jika ahli kitab menyampaikan sesuatu kepada kalian, jangan kalian langsung mempercayainya atau menolaknya." (Annubu'ah Wassiyasah).

1. Armagedon menurut pandangan Non Islam
  • Dalam Injil, bab "Petualangan Mimpi"/16-16 disebutkan bahwa, ruh-ruh setan mengumpulkan seluruh tentara di dunia di suatu tempat bernama "Armagedon" (Injil, halaman 388, penerbit Darr As-Saqafah).
  • Dalam Buku Pandangan Agama dalam Politik Amerika, disebutkan keyakinan tujuh puluh pemimpin Amerika terhadap perang Armagedon.
  • Mantan Presiden Amerika, Ronald Reagen pernah berkata bahwa, dinatara generasi bangsa ini akan menyaksikan perang Armagedon.
  • ........Segalanya akan berakhir hanya dalam beberapa saat. Akan terjadi perang koalisi, yaitu perang Armagedon. (Perjalan Zakaria 89/13, Perjalanan Hazqiyal 12/39)
  • Jimmy Sovgart, "Saya mungkin hanya berandai-andai bahwa, kita mencapai kedamaian abadi di antara basa-bangsa di dunia. Tetapi, saya yakin, bahwa perang Armagedon pasti terjadi. Perang ini akan terjadi di lembah Magedo. Mereka sebenarnya dapat mencapai kesepakatan damai, namaun itu tidak terwujud. Saat-saat itu adalah yang paling kelam dalam sejarah politik militer manusia.
  • Jerry Powell, seorang pemimpin Nasrani mengatakan, perang Armagedon merupakan kenyataan yang paling pahit. Bagaimana pun kita harus bersyukur kepada Tuhan bahwa ini kan terjadi di akhir zaman kelak.
  • Scofield berkata, "Seluruh Umat Nasrani harus menymabut perang Armagedon ini. Yesus akan mengangkat Umat Nasrani keatas awan, mereka akan diselamatkan dan mereka tidak akan merasakan pahitnya perang Armagedon ini."
  • Jerries Helsell, seorang jurnalis Amerika mengatakan, "Kami yakin sebagaimana orang Nasrani yakin bahwa, perjalanan sejarah umat manusia akan berakhir dalam perang Armagedon. Perang ini akan berakhir, setelah Isa Al-Masih kembali ke bumi untuk kedua kalinya dan menjadi hakim seluruh umat manusia, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.
Pendapat-pendapat diatas dilontarkan oleh tokoh-tokoh non muslim yang meyakini perang Armagedon dalam waktu dekat.
2. Armagedon menurut pandangan orang Islam
Kita tidak cukup memahami Armagedon dari kajian linguistiknya saja. Namun, kita juga perlu memahami makna intrinsik yang terkandung didalamnya. Banyak penulis muslim yang mulai peduli dan mempublikasikan karya-karyanya tentang Armagedon ini, dengan mengacu pada analisa sejarah dan politik kontemporer yang berlangsung saat ini. Kesimpulan pendapat mereka tentang Armagedon ini, anatar lain:
(i)    Perang besar yang tak lama lagi akan terjadi, yang persiapanya dimulai dari sekarang.
(ii)   Perang koalisi dengan strategis hebat.
(iii)  Perang yang menghancurkan Umat Yahudi.
Armagedon adalah kenyataan sejarah yang akan terjadi dalam waktu dekat ini. Armagedon adalah perang sekutu, perang antara orang Islam dengan bangsa-bangsa Romawi. Dalam kenyataan politik saat ini, ditambah lagi koalisi baru bangsa-bangsa asia timur, yaitu komunis dan syiah.
Dalam literatur, tidak ditemukan petunjuk-petunjuk yang menyatakan tentang peranan orang-orang Yahudi dalam perang koalisi ini. Padahal, merekalah yang menyulut perang ini. Hanya saja, sepertiga dari mereka akan binasa, sebagaimana ditulis oleh ahli kitab sendiri, dan sepertiga lainya akan berhadapan dengan Umat Islam pada saat Al-Mahdi datang dan Nabi Isa a.s. muncul untuk membunuh Dajjal.
Hadis-hadis yang menerangkan tentang Armagedon ini, antara lain:
Rasulullah Saw. bersabda,
"Kalian akan berdamai dengan Romawi. Kemudian kalian akan bersekutu dengan mereka memerangi musuh, sehingga kalian selamat dan mendaptakan harta rampasan perang. Ketika kalian sampai disebuah padang rumput yang luas, salah satu diantara mereka berdiri mengangkat salib dan berkata lantang, 'Salib telah menang!' Melihat adegan itu, salah seorang Umat Islam mendatanginya, lalu membunuhnya. Bangsa Romawi pun berkhianat, maka terjadilah perang. Bangsa Romawi bersekutu menghadapi kalian dengan kakuatan delapan puluh batalyon, tiap batalyon terdiri dari 12 ribu tentara."
Hadis di atas menjelaskan tentang terjadinya dua peperangan: (i) Perang Armagedon, perang dunia yang banyak diketahui orang. (ii) Perang "Al-Malahim", atau dalam istilah hadis disebut "Al-Malhamah Al-Kubra". Sedikit sekali orang-orang yang mengetahui perang ini. Sungguh pun demikian perang ini akan terjadi antara Umat Islam dan Bangsa Romawi, setelah perang Armagedon.
Jadi, Armagedon adalah awal yang kita nantikan, dan akan terjadi perang yang menghancurkan. Perang tanpa senjata canggih, perang yang hanya dilakukan dengan pedang, tombak dan kuda. Hukum kausalitas alam akan berputar pada manusia. Begitupun dengan peradaban-peradaban manusia, muncul lalu tenggelam, dan tenggelam lalu muncul. Perang Armagedon akan terjadi di bumi Palestina. Preang yang melibatkan 400 juta tentara, demikian pendapat seorang penulis wanita Amerika, Jerries Helsel, dalam kitab An-Nubuwah wa As-Siyasah.
Demikian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang tanda-tanda akhir kehidupan di dunia.
Wasalam

Source: "Kiamat Hampir Tiba" oleh Amin Muhammad Jamaluddin
Source image: Google.com

18 komentar:

Caang mengatakan...

Subhanalloh.. peradaban manusia teh bisa muncul lalu tenggelam, dan tenggelam lalu muncul. Jadi inget lagu bang haji...

story song mengatakan...

ya... itulah yang akan terjadi. Ketentuan Allah tak dapat disangkal. Kita hanya menunggu saatnya itu atau wafat terlebih dahulu. Subhanallah, sekarang sudah tampak tanda2 itu. Manusia semakin beringas, munculnya kejadian2 aneh, penomena alam yang janggal.terima kasih infonya.

Chenk Rahman mengatakan...

Subhanalloh.. geura tarobat euy....
ih....

link nya ntar aku pasang , maaf telat yah.

hatur nuhun.

syahida mengatakan...

Wah aku taunya armageddon itu seperti yang ada di film, gak taunya banyak penjelasannya. makasih nda... jadi lebih tau nih..

kangmas ian mengatakan...

waduh harus siap-siap nih buat perang :D

sibutiz mengatakan...

perang ya ....!!
sebagai umat muslim alangkah sangat baiknya kita lebih mendekatkan diri pada yang maha kuasa dari pada sbuk dengan perang atau yang lainya...

thx...

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

pokonya saya percaya adanya kiamat...!

DenBaGas mengatakan...

Salam
Nice info kawan..
nformatif banget..

Salam kawan

Ajeng Sari Rahayu (Dii Ajeng Kellin) mengatakan...

WaAllahualam aja mas...
s'andainya mau terlibat juga nggak nyampe ilmuku.. Setidaknya kita bisa memperbaiki diri kita sendiri sebelum melihat keluar

andri4healthy mengatakan...

Mung Allah nu uninga iraha kiamat mah,nya,,,^_^

Tapi nu pasti mah bakal kajadian..

Asis Sugianto mengatakan...

baru tahu arti dari armagedon,,, dulu itu ada film armagedon yang menceritan hujan meteor dari luar angkasa,,,,,

Elektro Mekanik mengatakan...

subhanalloh.. nice posting..

z33s mengatakan...

kirain armagedon teh cuma film kang, eh ternyata artina dalemmmmm...

kalo masalah kiamat saya sudah yakin dan ga bisa lagi berkomentar tentang kiamat, biarlah Yang Punya dan sang waktu yang akan memberitahu..

salam kang, begadang yeuhhhh

Batu mengatakan...

baru tau kalo Armagedon itu artinya begitu...

Urang Lembur mengatakan...

Awalnya saya juga cuma judul film, tapi setelah membaca sumbernya ternyata nama sebuah peperangan di akhir zaman kelak.

inova mengatakan...

di ingetan ku ayana kiamat jadi merinding kang...

ehm kommunika mengatakan...

Subhanalloh....artikel yang bermanfaat ...salam kenal kang...link bade langsung di pasang ayeuna ya kang...txs...

Urang Lembur mengatakan...

2 All: Thanks atas Komentarnya dan mengenai pandangan tentang kiamat itu terserah kepada pandangan masing2 sesuai dengan kepercayaanya
Tapi saya sebagai Muslim Wajib Mempercayai Akan datangnya Hari Kiamat, dan Hari Akhir itu Pasti terjadi hanya waktunya saja kita tidak mengetahuinya.

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Kritik dan Saran sangat berharga bagi saya untuk membangun Blog ini lebih baik, Silahkan isi komentar Anda di bawah ini..